Foto & Profil Thibaut Courtois

Pemilik nama lengkap Thibaut Nicolas Marc Courtois atau yang kerap kita dengar dengan nama Thibaut Courtouis, adalah seorang penjaga gawang muda asal Belgia yang saat ini bermain (di pinjam) untuk Atletico Madrid.

Biodata dan Profile Thibaut Courtois

  • Nama Lengkap : Thibaut Nicolas Marc Courtois
  • Panggilan : Courtois
  • Lahir : Bree, 11 Mei 1992
  • Negara : Belgium
  • Tinggi : 194 cm
  • Posisi : Goalkeeper
  • Karir Junior :
    1997 – 1999 Bilzen V.V.
    1999 – 2009 Racing Genk
  • Karir Senior :
    2009 – 2011 Racing Genk
    2011 – Sekarang Chelsea
    2011 – Sekarang Atlético Madrid (pinjam)

Perjalanan Karir Thibaut Courtois

Pria kelahiran 11 Mei 1992 ini mulai mengasah kemampuan dan menjajal karir sepak bolanya menjadi seorang bek kiri pada sebuah klub junior lokal Bilzen V.V., yang kemudian ia bergabung dengan tim junior Racing Genk sebagai penjaga gawang saat usianya 7 tahun. Dimulai dari sinilah karirnya sebagai Goalkeeper/penjaga gawang dimulai.

Setelah berhasil mengasah kemampuannya di junior Racing Genk, pada tanggal 17 April 2009 Courtois melakukan debut pertamanya sebagai tim senior inti Racing Genk dalam pertandingan Pro League Belgia musim 2010/11 dan menjadi kunci atas kemenangan Genk saat usianya 16 tahun 341 hari. Sejak saat itulah ia menjadi pilihan utama pada posisi penjaga gawang. Pemain yang mengaku mengidolakan penjaga gawang Manchester United Edwin van der Sar dan penjaga gawang Chelsea Petr Čech, berhasil membawa pulang gelar Goalkeeper of the Year dan juga Genk Player of the Year dimana dirinya membuat catatan kebobolan 32 gol dari 40 lebih laga liga ditambah tanpa kebobolan gol dalam 14 pertandingan. Berdasarkan prestasinya tersebut Courtois menandatangani kontrak 5 tahun dengan Chelsea, klub asal Inggris pada bulan Juli 2011 dengan perpanjangan kontrak 3 tahun di bulan September 2012.

Pada bulan yang sama Juli 2011, Courtois menjalani kontrak dengan klub La Liga, Atlético Madrid hingga akhir musim 20011/12 dengan nomor punggung 13 dimana David de Gea adalah pemakai sebelumnya. Ia menjadi penjaga gawang pada pertandingan awal La Liga dengan tidak kebobolan empat dari enam pertandingan. Pertandingan pertamanya di kompetisi La Liga dengan Osasuna berakhir dengan skor imbang di kedua gawang tanpa ada satu gol yang masuk. Dilanjutkan dengan mengalahkan Sergio Asenjo. Dan tampil kembali di empat pertandingan tanpa ada satu gol pun yang masuk.

Kartu merah pertamanya didapatkan pada tanggal 26 November 2011 setelah melakukan foul di kotak penalti pada pemain Real Madrid, Karim Benzema yang berakhir dengan kekalahan Atletico dengan skor 4-1. Dilanjutkan di pertandingan final Liga Eropa UEFA tahun 2012 melawan Athletic Bilbao dimana ia berhasil menjaga gawang Atletico Madrid tanpa ada satu pun gol yang masuk dengan skor 3-0 untuk Atletico yang membuat pinjaman Courtois ke Atletico diperpanjang hingga musim 2012/13. Pertandingan pertamanya di masa perpanjangan pinjamnnya dalam pertandingan final Super Cup UEFA melawan Chelsea (klub asalnya) berakhir dengan skor 4-1, dengan Atletico sebagai pemenang.

Pada musim yang sama berhasil mencetak rekor baru dimana selama 820 menit ia berhasil menjaga gawangnya untuk Atlético Madrid tanpa ada satu gol pun yang masuk. Pertandingan selanjutnya di final Copa del Rey tahun 2013 melawan Real Madrid berakhir dengan kemenangan Atletico Madrid 2-1 dengan membawa pulang gelar man of the match.

foto thibaut courtois, thibaut courtois chelsea wallpaper, foto cortois