Profil Lengkap Andrés Iniesta

Profile Andrés Iniesta

  • Nama Lengkap : Andrés Iniesta Luján
  • Panggilan : Iniesta
  • Lahir : Fuentealbilla, 11 Mei 1984
  • Negara : Spanyol
  • Tinggi : 170 cm
  • Posisi : Gelandang
  • Karir Junior :
  • 1994 – 1996 Albacete
  • 1996 – 2001 Barcelona
  • Karir Senior :
  • 2001 – 2003 Barcelona B
  • 2002 – Sekarang Barcelona

Perjalanan Karir Andrés Iniesta

Sepertinya Barcelona mendapatkan predikat klub terbaik karena banyak menerima gelar domestik maupun dunia yang dikarenakan peran pelatih dan pemain. Salah satu pemainnya adalah Andrés Iniesta Luján atau yang lebih kita kenal dengan Andrés Iniesta, seorang pemain sepak bola dari Spanyol yang berada di dalam klub FC Barcelona saat ini.

Dari sebuah desa kecil Fuentealbilla ia memulai karirnya sebagai pemain sepak bola di sebuah klub provinsi, Albacete. Sejak kecil pemain yang memiliki posisi gelandang tersebut telah mencuri perhatian seluruh pemandu bakat klub Spanyol, apalagi saat bermain dalam turnamen tujuh-a-side junior di Albacete. Yang pada akhirnya Enrique Orizaola, pelatih tim muda FC Barcelona berhasil membujuk orang tuanya untuk membawa Iniesta kecil ke La Masia, rumah bagi akademi pemain muda klub tersebut. Iniesta masuk ke dalam tim junior Barcelona satu angkatan dengan Cesc Fabregas. Awalnya ia hanyalah seorang anak kecil yang suka menyendiri dan pemalu. Akan tetapi terlihat dari kesuksesannya sebagai kapten tim Barcelona U15 yang telah memberikan cetakan gol di menit-menit akhir sehingga membawanya pada kemenangan tim di Premier Nike 1999 dan menjadi pemain bintang pada turnamen tersebut. Dari situlah ia mulai bergabung dengan Barcelona B musim 2000/01.

Karir internasionalnya melesat saat membela Spanyol memenangkan Piala Eropa U 16 Championship dan skuad Eropa UEFA U 19 Championship tahun 2001. Tahun 2003 Iniesta menjadi kapten di beberapa kesempatan selama bergabung dengan Spanyol U 21. Debut pertama pemain terbaik di generasinya ini adalah pada tahun 2002, dimana saat Louis Van Gaal sebagai pelatih memberikan kesempatan untuk menghadapi Club Brugge (Belgia) di Liga de Champions pada tanggal 29 Oktober 2002. Di musim 2005/06 ia mulai menjadi pemain kunci di klubnya karena didelegasikan menjadi penggati Xavi saat mengalami cidera yang cukup lama.

Dalam Liga Champions 2008/09 rupanya Iniesta telah menjadi pahlawan Barcelona berkat gol telat ke gawang Chelsea dalam semi final untuk memperebutkan gelar pemenang dengan Manchester Inited di Roma. Tahun-tahun debut persepakbolaanya berjalan sangat mulus. Piala Dunia FIFA 2010 pun ikut memanggilnya sehingga membawa skor 2-1 melawan Chili dengan gelar man of the match, begitupun di ajang UEFA Euro 2012. Penghargaan-penghargaan lainnya yang ia dapatkan seperti Golden Ball, UEFA Euro 2012 Player of the Tournament,dan baru baru ini Silver Ball Piala Dunia Konfederasi 2013 didapatinya dari prestasi yang ia raih. Kini Iniesta menjadi pemain terbaik kedua setelah Neymar, pemain asal Brazil yang saat ini juga berada dalam klub Barcelona.