Profil Lengkap Edin Dzeko

Profil Edin Dzeko

  • Nama Lengkap : Edin Dzeko
  • Panggilan : Dezeko/Jeko
  • Lahir : Sarajevo, 17 Maret 1986
  • Negara : Bosnia- Herzegovina
  • Tinggi Badan : 193 cm
  • Posisi : Penyerang
  • Karir Junior :
    1996 – 2003 Željezničar
  • Karir Senior :
    2003 – 2005 Željezničar
    2005 – 2007 Teplice
    2005 Ústí nad Labem (pinjaman)
    2007 – 2011 VfL Wolfsburg
    2011 – Sekarang Manchester City

Perjalanan Karir Edin Dzeko

Pemain dari klub Manchester City, Edin Džeko adalah seorang pesepak bola asalah Bosnia. Namanya kian dikenal saat masih bersama VfL Wolfburg karena menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Jerman. Sehingga perjalanan karirnya menuju The Cityzen langsung terbuka.

Dengan posisi sebagai penyerang, Jeko begitulah sapaan akrabnya memulai karir dengan klub junior Željezničar di tahun 1996. Berlanjut memasuki usia 11 tahun, ia berada dalam tim senior di klub yang sama sebagai pemain tengah yang nyatanya dapat dikatakan tidak sukses.Bada yang terlalu tinggi dan kurang cakap dalam tekhnik menjadi alasannya. Akhirnya ia pindah ke klub FK Teplice- Republik Ceko atas rekomendasi Jiri Plisek seorang pelatih dari Ceko dan secara langsung dipinjamkan ke Ústí nad Labem. Dalam masa peminjaman prestasinya cukup bagus dengan mencetak 6 gol dari 15 kali penampilan. Setahun kemudian ia kembali ke klub asalnya dengan memberikan 13 gol dari 30 pertandingan. Di tahun 2006/07 itulah Striker kelahiran 17 Maret 1986 ini menjadi top skor Liga Gambrinus yang membuat VfL Wolfsburg membelinya dengan harga 4 juta euro.

Dengan secara langsung pria kelahiran Sarajevo ini memberikan penampilan memukau mencetak 5 gol dari 11 pertandingan pada saat masuk di Wolfsburg yang membuatnya menjadi penyerang terbaik versi Sportal di tahun 2007/08. Berkat musim pertamanya juga Wolfsburg berhasil menempati klasemen akhir dan lolos babak kualifikasi Liga Eropa UEFA 2008/09. Kehadiran Zvjezdan Misimović dari Bosnia di tahun itu sepertinya membuat performa Jeko melesat sehingga membawa Wolfsburg memenangi piala Bundesliga sebagai top scorer.

“The Bosnian Diamond” ini memberikan prestasi luar biasa dengan menerima Bundesliga Players’ Footballer of the Year. Banyaknya spekulasi yang mencuat tentang Dzeko membuat Roberto Mancini, pelatih Manchester City kala itu mengumumkan Dzeko telah bergabung dengan biaya 32.000.000 Euro. Biaya tersebut adalah biaya 6 besar dalam Liga Premier. Tak sia-sia, diawali dengan bagus mencetak gol disetiap turnamen. Dan pada musim Piala Dunia 2010 Dzeko berhasil mencetak 9 gol sekaligus mengalahkan David Villa-Spanyol sebagai pencetak gol terbanyak.