Profil Lengkap Rio Ferdinand

Profil dan Biodata Lengkap Rio Ferdinand

  • Nama lengkap: Rio Gavin Ferdinand
  • Tanggal lahir: 7 November 1978
  • Tempat lahir: Peckham, London, Inggris
  • Tinggi badan: 6 ft 2 in (1.88 m)
  • Karier junior:
    1992–1996 West Ham United
  • Karier senior:
    1996–2000 West Ham United
    1996–1997 → Bournemouth (pinjaman)
    2000–2002 Leeds United
    2002–2014 Manchester United

Perjalanan Karir Rio Ferdinand

Pria kelahiran Inggris, 7 November 1978 ini merupakan penghuni tetap bek tengah timnas Inggris. Pemain yang memiliki nama lengkap Rio Gavin Ferdinand ini, tergabung sebagai anggota The Red Devils Manchester United. Tercatat sudah lebih dari 70 kali ia membela The Three Lions. Ferdinand memulai awal karir sepakbola profesionalnya bersama Klub West Ham United.

Ferdinand adalah seorang wakil kapten di timnas Inggris. Dia telah tampil tiga kali di pagelaran Piala Dunia bersama The Three Lions. Terkenal dengan postur fisik yang kuat dan tinggi dan memiliki kemampuan menjaga lawan dengan ketat menjadi ciri khas gaya bermainnya.

Mengawali karir dari tim junior West Ham dan terus menunjukkan bakat luar biasa yang dia miliki. Dalam usianya yang masih muda, ia sudah dipanggil masuk timnas Inggris dan sempat menjadi rekor pada saat itu.

Leeds United membelinya tahun 1998 dengan harga 18 Juta Euro dan menjadikannya sebagai pemain termahal yang pernah dibeli klub tersebut. Pada tahun 2001, dia didaulat sebagai kapten Leeds United.

Kemudian pada tahun 2002, dirinya pindah ke Manchester United dengan biaya transfer sebesar 30 Juta Euro dan sekali lagi memecahkan rekor transfer termahal Inggris pada saat itu. Dia juga tercatat sebagai bek termahal di dunia. Pemain ini berhasil mengantarkan timnya meraih gelar ganda, yakni Liga Premier dan Liga Champions.

Ferdinand menikah dengan Rebecca Ellison dan memiliki dua orang putra bernama Tate dan Lorenz. Rio dikenal sebagai lelaki yang sangat mementingkan urusan keluarganya dan jauh dari gosip perselingkuhan atau skandal seks. Di semifinal FA Cup 2011 lalu, ia rela menyetir mobilnya sendiri dari London ke Manchester demi menemani istrinya yang akan melahirkan.