Profil Tim Cahill, Calon Pemain Bintang Australia di Piala 2014

Profile Tim Cahill

  • Nama Lengkap : Timothy Joel Cahill
  • Panggilan : Tim Cahill
  • Lahir : Sidney, New South Wales, 06 Desember 1979
  • Negara : Australia
  • Tinggi : 178 cm
  • Posisi : Gelandang
  • Karir Junior
    1996 – 1997 : Sidney United
    1997 – 1998 : Millwall
  • Karir Senior
    1998 – 2004 : Millwall
    2004 – 2012 : Everton
    2012 – sekarang : New York Red Bulls

Perjalanan Karir Tim Cahill

Terlahir dari seorang ayah yang berkebangsaan Inggris yang tinggal di Australia membuat Tim Cahill sangat menyukai dunia sepakbola sejak masih kecil. Cahill memulai karirnya sebagai pemain junior Sydney United pada tahun 1996/97 lalu pindah ke Milwall, dan akhirnya dipercayakan menjadi salah satu pemain di klub inti Milwall. Tahun 2004 setelah merasa cukup puas mengasah pengalamannya sebagai pemain profesional membuat Tim Cahill memutuskan hengkang ke Everton.

Pemain yang bermain sebagai gelandang serang ini cukup dikenal di kalangan pecinta liga inggris terutama di Everton dengan selebrasi khas bertinju yang acap kali di pertontonkan usai mencetak gol. Sampai saat ini Everton menjadi klub paling lama yang di bela oleh Tim Cahill, di prioritaskan menjadi gelandang serang utama selama kurun waktu 8 tahun akhirnya Everton memilih untuk melepas Tim Cahill ke New York Red Bulls.

Di kancah international Tim Cahill mempunyai kebanggaan tersendiri, walaupun umurnya sudah tidak muda lagi karena telah menginjak 34 tahun, namun sang pemain ini masih dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada di tim nasional Australia. Prestasi terbaik yang pernah disumbangkannya adalah membawa timnas Australia melaju hingga babak 16 besar dan menyumbangkan 2 gol di piala dunia 2006.

Tapi nampaknya kesuksesan yang sama tidak bisa di torehkan kembali oleh Tim Cahill, setelah timnas Australia harus menelan pil pahit saat tersingkir lebih awal, karena hanya mampu berada di tempat ketiga babak fase grup dengan poin 4 pada piala dunia 2010. Padahal jumlah poin tersebut sama dengan poin yang di peroleh oleh Ghana, tetapi Australia kalah rekor memasukkan dan kemasukan gol.

Pada ajang piala dunia 20014 kali ini, nama Tim Cahill masih di masukkan dalam list pemain yang akan dipersiapkan membela timnas Australia. Akankan Tim Cahill mampu menjawab kepercayaan timnas dengan mengulang kembali kesuksesan yang pernah dilakukannya pada tahun 2006 silam?