Profil Tim Nasional Jepang

Profile Tim Nasional Jepang

  • Tim Nasional : Jepang
  • Pelatih : Alberto Zaccheroni
  • Prestasi : lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2002
  • Pemain Bintang : Yuya Asako, Shinji Kagawa, Keisuke Honda


Tidak pernah absen sekali pun di kancah sepakbola internasional Piala Dunia sejak tahun 1998, Jepang saat ini datang ke Brasil dengan wajah berbeda. Di bawah asuhan pelatih bertangan dingin asal Italia, Alberto Zaccheroni, mereka berhasil keluar sebagai kampiun juara Piala Asia 2011. Bukan itu saja, mereka berhasil menjadi perwakilan Asia pertama yang bisa lolos ke putaran Final Piala Dunia Brasil 2014 sekaligus menyandang predikat 5 kali lolos secara berturut turut sejak tahun 1998.

Menerapkan formasi 4-2-3-1 dengan Shinji Kagawa sebagai ujung tombak, membuat mereka bisa mengalahkan lawan beratnya Australia dengan skor tipis 1-0. Sejauh ini Jepang hanya sanggup menembus babak 16 besar selama mengikuti 5 kali turnamen Piala Dunia.

Bersamaan dengan Kolombia, Pantai Gading, dan Yunani di dalam grup C, membuat tim yang berjulukan Samurai Biru ini merasa tidak terlalu susah untuk lolos ke babak selanjutnya. Meski begitu, sang pelatih Alberto Zaccheroni menganggap bahwa semua lawan lawan mereka nanti sama beratnya, dan menjanjikan sesuatu yang spesial buat timnas Jepang di Piala Dunia Brasil 2014.

“Datang Jauh jauh dari Italia, saya akan memberikan kejutan yang spesial bagi semua pecinta olahraga di dunia terutama bagi warga Jepang yang telah mempercayakan saya sebagai pelatihnya” ujar Zaccheroni.

Beberapa pemain andalan timnas Samurai Biru yang sudah pasti akan memperkuat skuad adalah shinji Kagawa yang menjadi pemain inti di Manchester United, Keisuke Honda yang menjadi striker utama Ac Milan, serta gelandang bertahan Yuya Asako yang bermain untuk tim Jerman, 1860 Muenchen.

Untuk memperbaiki kualitas tim, Federasi Sepakbola Jepang (JFA) telah memilih San Paulo sebagai markas selama Piala Dunia Brasil 2014 di langsungkan. Karena selain tempatnya yang jauh dari kepadatan penduduk, lingkungannya juga di rasa cukup enak sehingga mampu memberi mood yang bagus bagi anggota tim.