Profil Tim Nasional Kamerun

Profile Tim Nasional Kamerun


Kamerun pertama kalinya merasakan atmosfer Piala Dunia pada tahun 1982, Spanyol kala itu dipercayakan sebagai tim tuan rumah. Namun sayang, Kamerun harus langsung angkat koper di babak penyisihan grup setelah hanya mampu 3 kali bermain seri. Delapan tahun menunggu, akhirnya Kamerun kembali dapat ikut berlaga di Piala Dunia Italia tahun 1990 dan berada di grup B bersama dengan Rumania, Uni Soviet, dan Argentina.

Masih di pertandingan pertama mereka sudah harus menghadapi raksasa Argentina, semua orang pun sudah pasti yakin bahwa Kamerun bukanlah lawan yang pantas untuk menjamu tim sekelas Argentina. Namun si kulit bundar lagi lagi mampu mengejutkan para pecintanya, Kamerun berhasil mempermalukan Argentina dengan skor tipis 1-0. Akhirnya untuk pertama kalinya mereka bisa lolos ke babak 16 besar setelah menang 2-1 melawan Rumania dan kalah telah 0-4 melawan Uni Soviet.

Di Piala Dunia Brasil 2014 peluang Kamerun bisa di bilang cukup berat karena mereka harus berada 1 grup dengan Kroasia, Meksiko, dan tim tuan rumah Brasil. Tapi mungkin saja itu malah menjadi pemicu semangat pemain Kamerun untuk membuat kejutan kejutan selanjutnya.

Di 6 kali turnamen Piala Dunia yang di lakoni oleh tim Indomitable Lions, mereka hampir selalu lolos dari babak kualifikasi. Sosok seorang Samuel Eto’o seakan tidak bisa lepas jika membicarakan negara tersebut.

Mengawali karirnya bersama timnas Kamerun sejak masih berumur 16 tahun, membuat Eto’o menjadi salah satu pemain muda yang sangat di andalkan. Bahkan sampai saat ini, meski umurnya sudah tidak muda lagi, pelatih Volker Finke tetap memasukkan namanya ke dalam skuad Kamerun yang akan berlaga di Piala Dunia Brasil 2014.