Profil Tim Nasional Portugal

Profile Tim Nasional Portugal

  • Tim Nasional : Portugal
  • Pelatih : Paulo Bento
  • Prestasi : Semifinalis Piala Dunia 1966 dan 2006
  • Pemain Bintang : Cristian Ronaldo, Fabio Coentrao, Joao Moutinho, Bruno Alves

Banyak pihak yang menyangkan bertemunya timnas Portugal melawan Swedia di undian Play Off Piala Dunia Brasil 2014 bagian zona Eropa. Keuda negara di anggap sama sama punya banyak pemain bintang yang pastinya tidak akan bisa berlaga di turnamen besar itu jika saja mengalami kekalahan. Kurang optimalnya penampilan yang di pertontonkan mereka sebagai negara yang bertabur pemain bintang, membuat keduanya tidak bisa ikut merasakan tiket gratis menuju ke Piala Dunia 2014.

Melawan negara lemah dan tidak di unggulkan sama sekali seperti Irlandia Utara, Luxemburg, dan Israel saja, para pemain Portugal harus bekerja sangat keras bahkan mereka juga kalah bersaing dengan tim Rusia.

Belum meratanya kwallitas para pemain di sejumlah lini merupakan salah satu masalah terbesar yang ada di kubu Portugal saat ini, bahkan ada yang sampai menyimpulkan bahwa mereka tanpa kehadiran Cristian Ronaldo yang menjadi pemain terbaik dunia saat ini bukanlah lawan yang pantas untuk dipikirkan.

Lihat saja laga terakhir yang harus mereka lakoni saat menjamu Swedia. Unggul 0-1 di leg pertama membuat mereka tampil bertahan di babak kedua, namun skor akhir yang terjadi mereka harus kalah tipis dari Swedia dengan skor 3-2 dan kedua gol Portugal itu berasal dari kaki ajaib Cristian Ronaldo.

Kehadiran pelatih Paulo Bento di harapkan mampu membawa kestabilan tim di internal Portugal, mantan pemain Celecao di era 90-an itu di percaya untuk menggantikan posisi Carlos Queiroz yang saat ini melatih timnas Iran.

Awalnya Portugal harus kehilangan lima poin dari dua laga yang dilakoni saat masih menjadi anak buah pelatih Agostinho Oliviera. Karena belum bisa menunjukkan kontribusi yang berarti akhirnya dia harus rela turun dari kuris jabatannya dan di gantikan oleh Paulo Bento. Sampai saat ini Bento telah menjawab kepercayaan Portugal dengan membawa timnas meraih lima kali kemenangan berturut turut.