Profil Tim Nasional Swiss

Profile Tim Nasional Swiss

  • Tim Nasional : Swiss
  • Pelatih : Ottmar Hitzfeld
  • Prestasi : perempatfinal Piala Dunia 1934, 1938, dan 1954
  • Pemain Bintang : Stephan Lichtsteiner, Xherdan Shaqiri, Valentin Stocker, Granit Xhaka

Federasi Sepak Bola Swiss harus benar benar memberikan apresiasi lebih bagi para pemain timnas, bagaimana tidak Swiss mampu menembus babak penyisihan grup Piala Dunia Brasil 2014 tanpa mengalami kekalahan satu kali pun dan ini menjadikan mereka dua kali lolos berturut turut ke Piala Dunia. Kesuksesan ini tidak lepas dari giatnya sang arsitek tim Ottmar Hitzfeld dalam mencari kombinasi yang paling pas untuk menyeimbangkan pola bertahan menyerang yang seimbang.

Di sepanjang tahun 2013 Swiss sudah melewati 9 kali pertandingan dengan perolehan 5 kali menang, yang lebih luar biasa lagi salah satu kemenangan itu di dapatkan saat mengalahkan tim tuan rumah Piala Dunia Brasil dalam laga persahabatan. Mereka hanya sekali menderita kekalahan, yaitu saat menjamu tim ginseng Korea Selatan pada November 2013.

Berbekal pengalaman sepuluh kali masuk ke dalam turnamen Piala Dunia, membuat timnas Swiss sudah cukup kaya akan pengalaman dan mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Peta kekuatan tim pun sudah di rangkai dengan sedemikian rupa untuk mempelajari dan memanfaatkan setiap kelemahan dari peserta lainnya.

Di Piala Dunia Brasil 2014 tahun ini, pasukan Ottmar Hitzfeld akan bergabung dengan bersama Perancis, Ekuador, dan Honduras di grup E. Melihat dari peta kekuatan lawan yang ada dalam satu grupnya, Swiss di percaya mampu lolos ke babak 16 besar dengan tidak sedikit kerja keras saja sebab hanya pasukan Ayam Jantan Perancis lah yang patut mereka waspadai agar tidak kecolongan poin.

Bicara kwalitas pemain Swiss tidak perlu merasa rendah diri karena kekuatan mereka hampir merata di semua lini. Sektor pertahanan yang rapuh sudah di percayakan kepada bek kawakan Stephan Lichsteiner, pemain yang berada di posisi bek kanan ini terkenal dengan kecepatannya dan keras dalam pertarungan bola bola udara.

Sektor depan pun Swiss punya gelandang andalan Gokhan Inler, pemain berkepala plontos ini di juluki “Steven Gerrard dari Swiss” karena kepiawaiannya dalam tendangan jarak jauh dan mematikan.