Profil Timnas Aljazair

Profile Tim Nasional Aljazair

  • Tim Nasional : Aljazair
  • Pelatih : Vahid Halilhodzic
  • Prestasi : 4 kali menjadi peserta Piala Dunia
  • Prestasi Terbaik : Mengalahkan Jerman Barat di Piala Dunia 1982
  • Pemain Bintang : – Madjid Bougherra
    - Sofiane Feghouli
    - Medhi Lacen
    - Islam Slimani


Negara Aljazair memang tidak terlalu di kenal dalam kancah persepakbolaan internasional, nama negara ini hanya sedikit dikenal dikarenakan mantan maestro Perancis, Zinedine Zidane memiliki turunan Aljazair. Untung saja Zidane siap membantu negara leluhurnya itu untuk membahas langkah nyata Aljazair supaya siap menghadapi kompetisi bergengsi Piala Dunia 2014 yang akan dilaksanakan di Brasil selaku tuan rumah.

Negara yang dijuluki Fennecs ini tampil dengan begitu meyakinkan pada putaran kedua Piala Dunia 2014 zona Afrika. Keluar sebagai juara grup H dengan mengantongi poin 15 dari enam pertandingan sudah membuat mental para pemain siap tampil habis habisan di kompetisi paling bergengsi yang di adakan 4 tahun sekali ini.

Piala Dunia 2014 di Brasil merupakan kompetisi Piala Dunia yang ke empat kalinya buat Aljazair setelah sebelumnya mereka pernah tampil di Piala Dunia 1982 Spanyol, 1986 Meksiko, dan 2010 di Afrika Selatan. Di 3 kesempatan sebelumnya itu, Aljazair selalu tersingkir sejak fase grup dimulai. Namun peluang ke 4 ini tidak di sia- siakan begitu saja, walaupun harus satu grup dengan Rusia, Belgia, dan Korea Selatan mereka tetap membuktikan kelasnya sebagai negara yang pantas diperhitungkan dengan menjadi juara grup.

Sejarah terbaik yang pernah di ukir Aljazair di kancah Piala Dunia adalah dengan mengalahkan Jerman Barat 2 – 1 tahun 1982. Saat itu kemenangan atas negeri Tembok Berlin membuat Aljazair mengantongi 4 poin, setara dengan Austria dan Jerman. Sayangnya karena kalah dalam perhitungan selisih gol, Fennecs terpaksa harus rela angkat koper menyusul timnas Chile.

Kunci kesuksesan Aljazair saat lolos di kualifikasi Piala Dunia 2014 tidak lepas dari kontribusi Madjid Bougherra yang berhasil mencetak gol penentu di leg kedua melawan Burkina Faso. Ada lagi Sofiane Feghouli yang di gadang – gadang sebagai gelandang penyerang brillian, sementara Islam Slimani mencuat sebagai pilihan paling produktif dalam serangan saat kualifikasi.

pemain bintang aljazair, timnas algeria