Profil Timnas Amerika Serikat

Profile Tim Nasional Amerika Serikat

  • Tim Nasional : Amerika Serikat
  • Pelatih : Juergen Klinsmann
  • Prestasi : CONCACAF Gold Cup 2013
  • Pemain Bintang : Landon Donovan, Chris Wondolowski, Julian Green, Jozy Altidore


Selama ini sepakbola tidak termasuk ke dalam olahraga yang populer di Amerika serikat. Berdasarkan data dari berbagai survey yang terpercaya, hampir semua warga Amerika masih bertumpu pada sejumlah cabang olahraga seperti halnya Baseball, American Football, dan juga Bola Basket. Banyak terjadi di negara lain, jika ada cabang olahraga yang kurang diminati oleh warga, maka bisa dipastikan olahraga tersebut tidak akan populer bahkan berkembang dengan baik. Namun budaya seperti itu tidak berlaku di Amerika, sepakbola berhasil tumbuh bahkan mampu bertahan di tengah ketidakpopulerannya.

Sebenarnya sepakbola di Amerika sudah tumbuh dan berkembang dengan cepat, apalagi setelah Amerika Serikat dipercaya untuk menjadi tuan rumah piala dunia di tahun 1994. Bahkan pada awal awal Piala Dunia mulai di langsungkan, timnas Amerika selalu berhasil sampai ke babak final. Tetapi setelah perhelatan Piala Dunia tahun 1950 berakhir, pamor mereka sebagai salah satu tim raksasa yang ditakuti mulai meredup.

Hampir 40 tahun dunia sepakbola di Amerika Serikat seakan mati suri, warga lebih tertarik untuk menyaksikan laga Baseball, Bola Basket, maupun American Football tentunya. Tetapi pihak pengurus sepakbola di Amerika tidak menyerah begitu saja, bahkan di tengah mati surinya sepakbola mereka terus melakukan perbaikan kualitas kompetisi untuk menciptakan tim yang tangguh. Akhirnya usaha itu berbuah manis dengan kembalinya masuk Amerika Serikat pada Piala Dunia 1990 di Italia.

Sebelumnya timnas Amerika Serikat pertama kali muncul sebagai peserta pada Piala Dunia 1930. Walaupun sempat diragukan kemampuannya, AS mampu membuat kejutan dengan memetik kemenangan penuh 3-0 atas Paraguay dan Belgia. Empat tahun kemudian Amerika terpaksa keluar pada babak pertama, namun mereka menimbulkan sensasi luar biasa saat di Piala Dunia Brasil 1950. Kiper Frank Borghi yang dipercaya memimpin tim dengan luar biasa, sehingga mereka mampu mengalahkan Inggris.

Di sebut sebut sebagai salah satu tim kuda hitam terkuat di kancah Piala Dunia Brasil 2014 ini, membuat para saingan yang berada dalam grup G sangat memperhitungkan tim Amerika Serikat. Tapi kesempatan Amerika untuk lolos ke babak selanjutnya cukup alot karena harus berada satu grup dengan tim unggulan Portugal, Jerman, dan tim non unggulan Ghana.