Profil Timnas Australia

Profil Tim Australia

  • Tim Nasional : Australia
  • Pelatih : Ange Postecoglou
  • Prestasi :
    - 16 Besar Piala Dunia 2006
    - Runners Up Piala Konfederasi 1997
    - Runners Up Piala Asia 2011
    - Juara Piala Nasional OFC (4kali)
  • Pemain Bintang : Tim Cahill, Lucas Neill, Brett Holman


Berkesempatan debut di Piala Dunia pada tahun 1974 untuk pertama kali rupanya telah membawa kali ke empat Tim nasioanal Australia untuk kembali berlaga di tahun 2014 ini. Australia menjadi salah satu Negara yang berpartisipasi di Piala Dunia Brasil bulan Juni mendatang.

Tim yang saat ini berada di peringkat 59 FIFA ini memulai pengalaman pertamanya itu dengan menghadapi kekalahan dari Jerman Barat dan Jerman Timur (saat itu belum bersatu) tanpa menciptakan satu gol pun sehingga terganjal di fase grup. Berkali-kali hampir lolos memasuki Piala Dunia namun selalu berakhir di playoff (vs. Kanada tahun 1994; vs Iran tahun 1998; vs Uruguay tahun 2002). Kelolosan pertamanya adalah saat kembali bertemu Uruguay di Jerman tahun 2006 setelah menang lewat adu penalty.

Pada saat itu mereka lolos ke babak 16 besar sebelum sang juara Italia menaklukan mereka dengan skor 0-1 di Stadion Fritz-Walter, Kaiserslautern. Negeri Kanguru ini terhitung mewakili Zona Asia untuk ajang Piala Dunia sejak 2006 silam saat memutuskan keluar dari Konfederasi Sepak bola Oseania (OGC) dan bergabung dengan bola Asia (AFC).

Soccerros langsung melaju ke Piala Dunia 2014 babak ketiga untuk meperebutkan tiket ke Brazil tanpa melalui babak satu dan dua kualifikasi AFC, karena sukses di putaran final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Lima dari enam laga pada sesi tersebut berhasil dimenangkan oleh tim ini. Australia hanya mengalami satu kekalahan saat melawan Oman 0-1 saat duel tendang. Dengan keuntungan ini tim Australia berhasil menghentikan langkah Thailand dan Arab Saudi sebagai pesaingnya. Babak selanjutnya yaitu babak empat kualifikasi AFC mereka hanya mampu memberikan hasil imbang dari Oman dan Jepang sebelum kekalahannya oleh tuan rumah Yordania dengan skor 1-2. Dari sekian laga Aussie memperoleh angka 13 poin dari tiga kemenangan dan empat seri.

Holger Osiceck (pelatih) dipecat pada bulan Oktober 2013 karena beberapa hasil yang tak memuaskan misalnya atas kekalahan telak 0-6 dari Brasil dan Perancis secara berturut-turut. Ia pun digantikan mantan pelatih Brisbane Roar dan Melbourne Victory Ange Postecoglou. Postecoglou berharap kepada Tim Cahill sebagai bintangnya memimpin skuad muda Australia untuk Piala Dunia 2014 di Brazil.