Profil dan Karir Sofiane Feghouli

Sofiane Feghouli (24 Thn) pemain sepak bola kelahiran 26 Desember 1989 di Levallois-Perancis ini merupakan seorang gelandang serang milik tim nasional Aljazair yang kini juga bermain untuk Valencia FC di Ligue Spanyol. Faktanya meskipun Feghouli bermain diposisi gelandang serang, ia lebih sering menciptakan gol daripada membukakan gol untuk timnya.

Profil dan Biodata Sofiane Feghouli

  • Nama Lengkap : Sofiane Feghouli
  • Panggilan : Feghouli
  • Tempat Tanggal Lahir : Levallois-Perret, 26 Desember 1989
  • Negara : Perancis
  • Tinggi Badan : 178 cm
  • Posisi : Gelandang Serang
  • Karir Junior :
    1998 – 2003 Red Star Paris
    2003 – 2004 Paris FC
    2004 – 2007 Grenoble
  • Karir Senior :
    2007 – 2010 Grenoble
    2010 – Sekarang Valencia
    2011 Almeria (pinjam)

Karir Sofiane Feghouli

Karirnya dimulai saat ia dipromosikan ke dalam skuad tim inti Grenoble-Perancis dengan nomor punggung 33 pada musim 2006/07. Debut pertamanya di usia 17 tahun muncul sebagai pemain pengganti pada 27 April 2007 dalam pertandingan Ligue 2 melawan Reims. Pertandingan yang memenangkan Grenoble dengan skor 1-0 membuatnya tampil sebanyak 2 kali sepanjang musim. Feghouli bermain hingga menit ke 56 sebagai starter pada pertandingan musim terakhir melawan Montpellier. Penolakan kontrak tim Paris Saint-Germain (klub raksasa Perancis) sebelum masuk dalan Grenoble nyatanya telah membawanya masuk ke dalam kontrak pertama Feghouli dengan Grenoble sampai tahun 2010.

Musim 2007/08 ia mulai masuk ke dalam tim inti dengan nomor punggung 8 dan memberikan peranan yang penting di dalam skuad. Julukan “New Zidane” yang beredar sepertinya sedikit memberikan tekanan. Akan tetapi kontribusinya terhadap tim sangatlah sukses sehingga membantu Grenoble mencapai promosi ke Ligue 1 dengan tampil di 26 pertandingan dan mencetak 3 kali gol. Debut sebagai pemain inti di Grenoble memberikan skor kemenangan 4-3 dengan Reims, yang juga sekaligus menjadi gol pertama dalam karirnya.

Musim pertama Sofiane Feghouli di Ligue 1 sebagai starter dapat dikatakan stabil. Memulai dengan 16 pertama dari 17 penampilan di klub yang kemudian pada bulan Desember dan awal Januari diturunkan menjadi cadangan. Tak lama Feghouli kembali ke tim inti pada pertengahan Januari dan menetap di skuad hingga 11 April 2009 sampai kekalahannya 1-4 dari Marseille dimana Feghouli mengalami cedera yang membuatnya absen hingga sisa musim.

Mantan pemain tim nasional Perancis di level junior itu kembali memasuki tim pada 29 Agustus ketika mengalami kekalahan 0-1 melawan Saint-Étienne untuk musim 2009/10. Muncul dalam lima kali pertandingan, Feghouli kembali mengalami cedera yang kali ini ditemukan pada robeknya otot meniscus kaki kanan. Cedera kaki ini berhasil dioperasi pada bulan Oktober, namun setelah selesai masa operasi staf Grenoble, terutama CEO Pierre Wantiez sangat kritis menanyakan perpanjangan Feghouli untuk kembali ke tim karna masa kontraknya pada musim panas ini akan habis. Begitupun dengan beberapa klub yang lainnya dan yang paling gencar untuk mengontrak Feghouli adalah Klub Spanyol Valencia.

Akhirnya Sofiane Feghouli merampungkan pemindahannya ke Valencia FC. Keputusan untuk melakukan kontrak selama 4 tahun pada tanggal 20 Mei 2010 membuatnya bisa memilih bermain untuk Algeria dan Perancis. Pada tahun kedua Valencia DI musim 2011/12, ia telah mencetak 5 gol dari pertandingannya dua kali melawan Getafe, setelah melawan Villarreal, Sporting Gijon dan Granada.

Itulah sekilas mengenai profil dan perjalanan karir Sofiane Feghouli.